Saturday 6 January 2018

Bitcoin Bikin Miskin?

,
Sampai dengan hari ini bisa dikatakan baru hanya segelintir orang yang sudah pernah melakukan jual beli Bitcoin dan altcoin. Banyak yang skeptis dengan bitcoin baik karena alasan kepercayaan ataupun karena kurangnya informasi yang diperoleh sehingga belum mengenal dengan baik apa itu Bitcoin.

Saya pribadi melihat Bitcoin itu adalah sebagai peluang, ini adalah merupakan teknologi baru yang sangat potensial untuk menggantikan sistem pembayaran yang sudah ada saat ini, yaitu Fiat money. Dengan semakin canggihnya teknologi yang semakin meruntuhkan batas-batas ruang, memang sudah saatnya dunia mempunyai mata uang digital yang bisa diterima secara Global. Teknologi Blockchain dengan Crypto Currency-nya mejawab kebutuhan itu. Namun hal itu mungkin masih butuh waktu yang cukup lama untuk terwujud karena sampai dengan detik ini Bitcoin sendiri menurut saya lebih bersifat mirip sebagai komoditas dan bukan sebagai uang karena harganya yang naik turun layaknya komoditas, dihargai atau dinilai dengan Fiat money dan masih jarang dimanfaatkan untuk melakukan transaksi perdagangan. 

Terus kenapa saya ikut bertransaksi coin? Alasannya adalah memanfaatkan momentum yang ada saat ini. Dimana seluruh penjuru dunia masih sangat antusias dengan Bitcoin atau Crypto Currency pada umumnya.  Hal ini bisa dilihat dari semakin meningkatnya kapitalisasi Cryto Currency di seluruh dunia yang sampai dengan hari ini sudah mendekati $800.0000.0000.000, nilai yang sangat fantastis bagi sebuah teknologi baru namun masih kecil sekali jika di bandingkan dengan total Fiat money yang beredar diseluruh dunia saat ini yaitu sekitar $75.000.000.000.000. Niscaya kapitalisasi Cryto Currency akan meningkat terus karena pelan-pelan berbagi institusi keungan dunia mulai mengakuinya dan bahkan secara legal direncanakan untuk di perdagangkan di Bursa Efek Amerika Serikat. 


Apakah benar Cryto Currency atau secara khusus Bitcoin bisa bikin miskin? Menurut saya tidak, khususnya bagi seorang Hodler karena sesuai grafik di bawah ini, sejak diluncurkan pertama kali di tahun 2013 harga Bitcoin mengalami kenaikan yang sangat luar biasa yaitu hampir 17000 kali atau 1.700.000 %.



Bayangkan jika anda beli Bitcoin di tahun 2013 seharga Rp100.000 diharga $1 saat ini uang anda sudah menjadi sekitar Rp2,5 Milyar. Ini adalah suatu fenomena yang sangat luar biasa, sejauh pengetahuan saya belum ada instrument investasi yang bisa memberikan gain begitu besar dan dalam waktu yang sangat singkat. 

Dengan harga yang sduah begitu mahal apakah sudah telat untuk mulai membeli Bitcoin saat ini? Saya rasa tidak karena tujuan akhir dari Cryto Currency adalah untuk menggantikan Fiat Money yang ada saat ini. Dengan kapitalisasi saat ini, ada ruang untuk meningkat 10 kali lipat agar kapitalisasi Cryto Currency bisa menyamai atau menggantikan Fiat Money secara keseluruhan. Ingat itu adalah kapitalisasi dari keseluruhan cryto currency, coba bayangkan jika nanti hanya ada satu cryto currency yang bertahan dan diakui di seluruh dunia, anggap saja bitcoin dimana kapitalisasi bitcoin saat ini adalah sebesar $285.000.000.000 berarti masih ada peluang untuk naik sekitar 30-40 kali lipat dari nilainya sekarang. 

Ok, that's it, masa depan kita tidak tahu akan seperti apa dan coin mana yang akan bertahan dan diakui dunia sebagai mata uang. namun yang jelas bahwa cryto currency adalah alat pembayaran masa depan. Saat kapitalisai crypto currency sudah bisa hampir menyamai Fiat Money disananlah cryto currency akan berfungsi sebagai mata uang sesungguhnya tidak sebagai komoditas seperti saat ini. Dengan jumlah yang terbatas, nilai crypro currency akan terus bertambah seiring dengan meingatnya kebutuhan uang karean jumlah manusia ayng akan terus bertambah serta perkonomian yang bertumbuh, sanagat bertolak belakang dengan Fiat money yang nilainya tururn terus karena over supply.

0 comments to “Bitcoin Bikin Miskin?”

Post a Comment