Monday 1 January 2018

Apa sih Bitcoin?

,
Hal yang paling sulit dipahami oleh orang awam tentang Bitcoin (maupun cryptocurrency lainnya) adalah ketiadaan wujudnya. Katanya Bitcoin itu termasuk mata uang yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran, seperti Dollar atau Rupiah, tapi kok tidak ada dalam bentuk uang kertas maupun uang logam? Jadi ketika memiliki sejumlah Bitcoin, Anda hanya bisa melihat saldonya pada 'dompet' yang digunakan. Sulit untuk dipahami, tapi itulah yang namanya TEKNOLOGI.

Sama halnya ketika teknologi email atau surat elektronik diperkenalkan. Banyak orang yang sulit membayangkan bahwa kita bisa mengirim surat tanpa menulisnya di secarik kertas. Beragam pertanyaan aneh pun muncul di dalam benak orang-orang awam teknologi saat itu.


Masa sih nulis surat di layar monitor? Terus bagaimana cara memasukkan layar tersebut ke dalam amplop? Harus ditempel perangko yang harganya berapa? Kasihan banget pak pos harus nganterin banyak monitor setiap hari...

Sekarang ini kita melihat pertanyaan-pertanyaan tersebut sangatlah konyol. Tapi belasan tahun yang lalu banyak yang membayangkan seperti itu. Meskipun email tidak ditulis di atas kertas, tapi itu tetaplah surat. Karena esensi mendasar dari sebuah surat terletak pada PESANNYA, dan bukan pada KERTASNYA. Teknologilah yang mampu menghilangkan peranan kertas, perangko, kantor pos, dan tukang pos di dalam berkirim surat.

Begitu pula dengan uang. Esensi sebuah uang adalah pada NILAI TUKARNYA, dan bukan pada WUJUD KERTASNYA. Jika Anda dipersilahkan memilih antara 1 Bitcoin yang tidak berwujud atau segepok uang kertas monopoli... Mana yang akan Anda pilih? Kalau saya sudah jelas lebih menyukai 1 Bitcoin yang tidak memiliki wujud. Karena pada saat tulisan ini dibuat, saya bisa dengan mudah menukar 1 Bitcoin menjadi sembilan puluh juta rupiah.



Oleh:

Felix Lukman


Founder Cryptoholix.com

0 comments to “Apa sih Bitcoin?”

Post a Comment